Rabu, 27 Oktober 2010

Air Kawah Bulan Lebih Banyak Dibanding Sahara (Water condition at Moon is More Than Sahara )

Sebuah kawah dingin di kutub selatan "Bulan" ternyata dipenuhi oleh es. Di beberapa tempat, kawasan tersebut bahkan lebih basah dibanding gurun Sahara. Hal ini semakin mendukunggagasan dan peluang untuk mendirikan rumah manusia disana.
Kemungkinan adanya air tersebut diungkapkan oleh enam penelitian yang menganalisa hasil temuan pesawat ulang alik NASA yang “menghantam” Bulan dengan kecepatan 9.000 kilometer per jam pada beberapa waktu lalu ...

Ketika itu, pesawat mendarat di kawah Cabeus, berada pada kutub Selatan, Bulan. Kawah ini berukuran lebar 97 kilometer.
Di daerah ini ternyata mengandung sumber daya lain seperti karbon monoksida, amonia, methana, merkuri, kalsium, magnesium, dan perak dalam jumlah yang cukup besar.

Secara total, es mencakup 5,6 persen dari keseluruhan massa permukaan Cabeus. Membuat kawah tersebut dua kali lebih basah dibandingkan dengan daratan Gurun Sahara.

Namun bagian pada dasar kawah yang gelap permanen juga bersuhu sangat dingin. Hal ini membuat sangat sulit mendesign peralatan yang mampu beroperasi pada suhu minus 233 derajat dan tidak mendapat energi dari sinar matahari. Sungguh pertimbangan untuk manusia bila ingin memulai kehidupan disana..


0 komentar:

Posting Komentar