Jumat, 08 Oktober 2010

Universitas apa aja yang bagus yaa ?!

Gak berasa beberapa waktu lagi akan ke universitas ... Dan sudah menjadi hal yang wajar bagi anak SMA masih kebingungan cari tempat kuliah ... Saya akan membantu menginformasikan tempat - tempat kuliah yang bagus di Indonesia (umumnya negri ) yang saya ketahui berikut infonya ... Mengenai waktu Tes itu di lihat dari tahun tahun seblumnya .. Mengenai akreditasi umumnya universitas negri memiliki akreditasi yang baik ...

1. Universitas Indonesia ( UI )
Semua dah gak asing lagi dengan UI ... Untuk masuk UI pendaftaran byasanya sudah dibuka pada bulan Januari ... dan jalur - jalur yang nanti bisa kalian tempuh diantaranya
SIMAK UI(sekitar bulan Maret) , UMB ( Ujian Masuk Bersama ) , dan SNMPTN(sekitar bulan Juni).

2. ITB
ITB Universitas yang berada di Kota Bandung ... Jalur masuknya diantaranya USM ITB daerah ( sekitar maret ) , USM ITB Terpusat ( sekitar April ) , SNMPTN ( Sekitar Juni )
USM ITB daerah jadi bisa dilaksanain di daerah yang akan dijangkau oleh ITB , kalau yang terpusat tes langsung di ITB ...

3. UGM
UGM ... Jalur masuknyanya banyak ... Ada yang buat penerimaan bibit unggul , peserta olimpiade , dll ... bisa di liat disini ... http://um2.ugm.ac.id/index.php/page/17
Jalur lainnya melalui UTUL atau Ujian tertulis dan SNMPTN(sekitar Juni) ... Tes tertulis
( UTUL) dilaksanakan sekitar bulan bulan Maret - April

4.Unpad
Universitas padjajaran ... Jalur masuk nya lewat SMUP dan SNMPTN ... Padjajaran juga universitas yang diminati banyak orang ... Terlihat dari alumni Unpad saja sudah mencapai ratusan ribu orang ...

5.Unair
Universitas Airlangga ... Jalur masuk bisa melewati SNMPTN atau jalur PMDK - AIRLANNGA yg merupakan ujian mandiri yang dibuat oleh UNAIR ... dan infonya UNAIR termasuk dalam 36 universitas terbaik untuk kawasan Asia tenggara ...

Tes tes tertulis yang ada pada universitas byasanya melibatkan

ilmu dasar ( mat dasar , bahasa inggris , bahasa indonesia )
Tes Skolastik ( semacam tes IQ dan EQ )
ilmu pengetahuan Alam ( bagi yang mengambil jurusan pengetahuan alam )
ilmu pengetahuan sosial ( bagi yang mengambil jurusan pengetahuan sosial)
dan beberapa universitas juga ada yg menyertakan tes menggambar bagi yang mengambil jurusan design atau semacamnya ...

Selain 5 universitas diatas masih banyak lagi ...

Universitas Diponegoro , IPB , UPH , Universitas Atma Jaya , Universitas Trisakti , UNTAR , UNPAR , Universitas Binus , Universitas Hassanuddin , dan lain lain ...

Masih sangat banyak universitas di sekitar kita ... dan secepatnya cari informasi tentang tujuan universitas mu ... Mohon maaf jika ada kesalaha pengejaan dan ke akuratan info ...

2 komentar:

SEVAL mengatakan...

SNMPTN di naikin loh kursi nya jadi 60%
berjuang guysss

fabianathan mengatakan...

Agan Seval

wah , dari info yang saya dapet , banyaknya kursi universitas lewat SNMPTN di atur oleh universitas masing - masing ... Misalnya Universitas A menerima 20% dari kursi dari jalur SNMPTN , universitas B menerima 30% dari kursi dari jalur SNMPTN , jadi besarnya peningkatan kursi itu diatur oleh universitas masing - masing ...

Posting Komentar